10 Hal Penting Untuk Menentukan Lokasi Usaha Yang Strategis









Bisnis Usaha: 10 Hal Penting Untuk Menentukan Lokasi Usaha Yang Strategis






10 Hal Penting Untuk Menentukan Lokasi Usaha Yang Strategis

Lokasi yang bagus menjadi salah satu factor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis anda.SEmakin strategis lokasi yang anda pilih,semakin tinggi pula tingkat penjualan yang mempengaruhi kesuksesan usaha anda.Maka dari itu sebelum anda memulai dan membangun sebuah usaha,sebaiknya pilih dulu lokasi tempat usaha yang paling tepat untuk menjual produk yang anda jual.
Banyak hal yang harus anda perhatikan dalam memulai sebuah usaha,diantaranya adalah lokasi yang strategis.Cara-untung.com akan memberikan bahan pertimbangan dalam hal memilih lokasi yang strategis.Hal yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi adalah:
1.Tingkat Kepadatan Penduduk
Hal ini salah satu factor utama yang harus anda perhatikan,carilah dan pilih lokasi usaha yang mempunyai tingkat kepadatan penduduk cukup tinggi.Mengapa? karena semakin tinggi kepadatan penduduk di suatu tempat,maka akan semakin tinggi pula potensi keuntungan sebuah usaha.Coba saja anda melakukan riset dan anda bandingkan pendapatan seorang pengusaha yang mempunyai lokasi di daerah pedesaan dengan pendapatan pengusaha yang berada di daerah padat penduduk/perkotaan.Omset yang di dapat pasti sangat jauh berbeda.
Besarnya pendapatan masyarakat yang berada dilingkungan lokasi tempat anda membuka usaha juga mempengaruhi keberhasilan usaha yang anda bangun.Mengapa? karena tingkat pendapatan masyarakat pasti akan mempengaruhi daya beli konsumen.Misalnya anda mempunyai modal dan ingin menjalankan usaha dengan menjual produk dengan harga yang lebih tinggi,sebaiknya anda memilih lokasi yang mempunyai daya beli yang tinggi pula,contohnya dikota-kota besar.Namun bila anda menjual produk dengan harga yang relative murah,tidak masalah jika anda mencari lokasi yang mempunyai daya beli yang rendah.Pada umumnya konsumen yang menempati lokasi tersebut lebih mengutamakan harga yang murah daripada kualitas sebuah produk.
3.Tingkat Keramaian lalu-lalang kendaraan yang lewat
Coba anda melakukan pengamatan dan perhatikan trafik orang atau kendaraan yang lewat melalui lokasi usaha anda.Sebab ,Hal ini akan mempengaruhi jenis usaha apa yang cocok untuk anda jalankan di lokasi tersebut.Misalnya,untuk daerah yang sering dilewati pejalan kaki ,mungkin usaha toko klontong dan makanan serta minuman ringan yang cocok untuk lokasi tersebut.Sedangkan untuk usaha yang cocok untuk yang banyak dilewati kendaraan anda bisa mencoba membuka usaha bengkel atau doorsmeer.Usahakan untuk menyesuaikan jenis usaha berdasarkan dengan konsumen yang lalu-lalang didaerah tersebut.
4.Banyak Usaha Lain Yang Mendukung Lokasi Tersebut.
Contohnya seperti pasar atau mall,Mengapa selalu ramai dan banyak didatangi para pengunjung?Karena dilokasi tersebut menyediakan berbagai macam jenis usaha dan menyediakan berbagai produk juga.Dengan lokasi yang menyediakan banyak jenis produk,akan menjadi daya tarik bagi konsumen.
5.Lokasi dan Dana harus Sesuai
Pada umumnya sebuah lokasi yang strstegis yang mempunyai tingkat keramaian yang tinggi seperti Mall,pasti mempunyai harga sewa lokasi yang mahal,itu wajar.Sebaliknya harga sewa pasti murah jika lokasi nya kurang strategis,maka dari itu jangan salah memilih lokasi yang mempunyai harga sewa yang mahal,namun tidak ramai pengunjung.
6.Lokasi Yang Tingkat Kompetisinya Rendah
Sebaiknya anda menghindari lokasi yang banyak terdapat usaha yang sejenis dengan anda.Tapi jika anda sudah sangat yakin dengan lokasi tersebut karena sangat strategis,Mungkin anda harus siap bersaing dengan memberikan sentuhan kreatif  pada produk yang anda dijual.Karena dengan melakukan sentuhan kreatif atau inovasi baru,maka akan membedakan produk usaha anda dengan produk usaha lain yang sejenis.
7.Akses kelokasi Usaha Anda
Carilah sebuah lokasi yang memudahkan konsumen menuju ke lokasi usaha anda.Usahakan mencari lokasi yang banyak dilewati kendaraan transportasi umum seperti angkot atau becak motor,Mengapa? Karena agar para konsumen yang tidak memiliki kendaraan sendiri bisa menjangkau lokasi usaha anda.
Sebuah lokasi yang aman tentu akan menambah kenyamanan para konsumen.Contohnya seperti tempat parkir,Mereka tidak akan ragu meninggalkan kendaraan bermotor mereka ditempat parkir.Dengan begitu konsumen akan lebih menikmati pelayanan usaha yang anda berikan dengan nyaman.Dengan lingkungan yang aman,anda dapat mengurangi resiko pencurian dan perusakan yang dapat terjadi pada usaha anda.
Kebersihan lingkungan juga sangat mempengaruhi kenyamanan konsumen.Konsumen Tidak akan mengunjungi toko atau warung yang berada pada lingkungan kotor atau kumuh.Konsumen akan merasa ragu untuk membeli produk anda.Maka dari itu,jagalah kebersihan lingkungan di daerah sekitar usaha anda,agar konsumen yakin dan nyaman untuk berkunjung pada lokasi usaha anda.
Alangkah baiknya jika anda ingin memulai membuka usaha sebaiknya anda harus mengetahui apakah bangunan yang anda sewa mempunyai perijinan yang jelas.contohnya seperti Ijin mengenai analisa dampak lingkungan(AMDAL),Ijin gangguan (HO),dan ijin mendirikan bangunan(IMB).Mengapa?karena agar kedepannya tidak terjadi hal yang tak terduga,yang dampaknya akan merugikan usaha yang anda mulai.Banyaknya kejadian tempat usaha yang dihancurkan karena tidak memiliki ijin,dapat kita jadikan sebuah pelajaran penting bagi anda yang sedang mencari lokasi usaha.
Mungkin itulah beberapa tips yang dapat cara-untung.com sampaikan kepada anda yang sedang mencari lokasi usaha.Jika anda rasa tutorial ini bermamfaat silahkan share.Namun jika anda merasa ada yang kurang mohon tulis dikolom komentar.Kami sangat menghargai saran dan masukan yang membangun.Terimakasih.

Kingsoft Office Suite Free 2013

Kingsoft Office Suite Free 2013 "Ucapan Terimakasih, selalu saya ucapkan dalam hati, karena kawan telah membaca artikel Kingsoft Office Suite Free 2013. :)" (Click to Zoom) Office suite atau Paket aplikasi Perkantoran merupakan sebuah Paket perangkat lunak yang...

Macam – Macam Windows 7 Edition dan Keterbatasan Masing – Masing

Windows 7 Edition Windows 7, Rilis utama dari Microsoft Windows, Yang tersedia dalam 6 Edisi yang berbeda (Starter , Home Basic , Home Premium, Professional, Enterprise dan Ultimate). Hanya Home Premium, Professional, dan Ultimate yang banyak tersedia di pengecer....

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer atau Hardware Beserta Fungsinya

Macam - Macam Perangkat Keras Komputer/Hardware Perangkat Keras Komputer/Hardware adalah komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC). Pertama, saya akan sebutkan dan menjelaskan fungsi dari Perangkat keras dalam sebuah...

Software Utilities Terbaik 2014 – Carbon Blog

10 Software Utilities Terbaik 2014 Software utilitas adalah Perangkat lunak sistem yang dirancang untuk membantu menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan atau mempertahankan komputer. Software utilitas biasanya berfokus pada bagaimana infrastruktur komputer...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *