15 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Dalam mewujudkan rumah tangga yang serasi dan langeg, kita tidak hanya perlu saling mengerti satu sama lain. Tapi juga mengerti cara mengatur keuangan dengan baik, terutama bagi para ibu rumah tangga yang berperan besar dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. 

Setiap urusan makanan, dapur, sekolah, merawat anak yaitu hal lazim yang dilakukan setiap ibu rumah tangga. Untuk bisa melakukannya dengan baik, sudah seharusnya ibu rumah tangga cerdas dalam mengatur keuangan. Berikut 15 tips yang bisa Anda terapkan dalam mengatur keuangan rumah tangga :

1. Belilah Barang Seperlunya
Sudah menjadi kebiasaan umum bahwa kaum hawa suka sekali berbelanja. Dan biasanya bila sudah berbelanja bisa menghabiskan ratusan bahkan jutaan rupiah dalam sekali belanja. Berbelanja memang merupakan kegiatan penting yang wajib dilakukan para Ibu-ibu, namun sebaiknya jangan berlebihan, sebab akan menciptakan Anda kehabisan uang di kemudian hari.

Belilah barang seperlunya ketika berbelanja, bila tidak mempunyai cukup dana untuk membeli barang, sebaiknya jangan dipaksakan. Jangan lupa juga bahwa uang yang anda miliki akan terus dipakai ke depan dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Belanja sedikit-sedikit namun barangnya bisa hingga habis lebih baik dibandingkan belanja sangat banyak namun barangnya hingga terbuang-buang nantinya.

2. Buat Prioritas Belanja 
Priritas yaitu mengutamakan membeli barang-barang yang menjadi kebutuhan utama yang harus dibeli, menyerupai makanan, minuman, daerah tinggal, dll. Atau bisa disebut juga barang primer, sekunder, dan tersier.

Anda sebaiknya mendahulukan barang primer dahulu sebelum membeli barang sekunder dan tersier. Setelah barang primer terbeli dan Anda masih mempunyai sisa uang, Anda bisa menggunakannya untuk membeli barang lain.

3. Lakukan Peninjauan Biaya Hidup Sehari-hari
Peninjuan keuangan sehari-hari sanggup dilakukan dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran setap harinya. Setelah itu perhatikan apakah semua barang yang Anda beli benar-benar Anda butuhkan? atau apakah ada barang yang bekerjsama tidak penting ikut dibeli? Dengan mencatatnya kita mengurangi pengeluaran dengan tidak membeli barang yang bekerjsama tidak diperlukan.

Selain itu anda juga sanggup menetapkan pengeluaran ketika mencatat, contohnya dengan tidak menghabiskan uang lebih  dari Rp 100.00 per hari. Ini terdengan ribet namun akan membantu dalam mengontrol pegeluaran.

4. Menghemat pengeluaran 
Menghemat pengeluaran bisa dilakukan dengan memebli batrang sesuai keperluan ayng emangbenar-benar anda butuhkan. Selain itu anda sanggup membli barang dengan harga yang murah dengan membelinya dalam jumlah yang besar dipasar namun jangan hiperbola agr tidak perlu balik-balik ke toko yang harganya lebih mahal.

Anda juga sebaiknya menyesuaikan harga barang dengan dana yang anda miliki, bila barang tersebut elok namun harganya mahal dan dana anda kecil sebaiknya beralih ke barang lain yang harganya lebh murah.

5. Disiplin
Disiplin yaitu sifat wajib yang harus dimiliki setiap orang yang ingin hidupnya sukses. Kedisiplinan sanggup mencakup banyak hal menyerupai ketekunan, sempurna waktu, rajin, semuanya berjalan sesuai rencana, dll. Untuk bisa mengatur keuangan yang baik tentunya diharapkan kedisiplinan, sebab anda bukan hanya terlibat dalam problem keuangan sekali namun berkali-kali sepanjang hidup Anda.

Untuk bisa mempunyai sifat disiplin diharapkan latihan dengan berrangkat kerja sempurna waktu, pulang sesuai jadwal, mengatur agenda tersendiri untuk rekreasi, mengunakan waktu sebaik mungkin, dan lain-lain.

6. Menabung
Menabung sanggup dilakukan untuk banyak sekali tujuan. Ada yang mengunakannya untuk berjaga-jagajikasuatu ketika nanti mengalami masa sulit menyerupai kecelakaan, sakit keras, rawat inap di rumah sakit, ada yang ingin membeli barang mahal menyerupai rumah, mobil, atau motor. Ada yang ingin menggunakannya untuk biaya persiapan untuk pendidikan masa depan. Apapun tujuan Anda menabung selama itu baik maka lakukan.

7 Hindari Utang
Sebisa mungkin hindarilah utang dalam membayar biaya kebutuhan sehari-hari. utang memang sanggup membantu keuangan rumah tangga ketika dimasa sulit, namun hutang bukanlah sulosi terbaik untuk mengatasi masalah.

Utang akan menjadi beban bagi siapa saja yang menjadi penerima, bunga utang yang besar akan menciptakan kita banyak memikannya. Solusi untuk mengatasi utang yaitu dengan menyeimbangkan kemampuan pemasukan Anda dengan pengeluaran.

Pastikan Anda tidak membeli sesuatu yang memang belum bisa Anda beli. Dan bila tidak bisa menghindari utang, maka dalam sebisa mungkin lunasi segera utang tersebut.

8. Mulai Berinvestasi
Investasi lebihbaik daripada menabung. Karena uang tabungan biasanya dipakai untuk konsumsi dan jumlahnya tetap atau berkurang bila dipakai namun berbeda halnya dengan investasi. Uang yang Anda investasikan akan bertambah terus dan bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berivestasi tidak harus membeli barang mahal menyerupai properti, saham, atau emas membuka perjuangan toko, warung, bengkel, jualan bakso, atau membuka jasa les juga merupakan investasi, dimana modal yang anda gunakan akan terus berkembang seiring dengan bertambah majunya perjuangan anda.

9. Cari Penghasilan Tambahan
Jika anda seorang perempuan karier dan menginginkan honor tambahan, Anda bisa menjadi pekerja lepas menyerupai jualan pulsa, menjadi penulis website, jadi guru les, reseller dan masih banyak lagi. Semua itu sanggup anda lakukan di sela-sela pekerjaan atau waktu senggang.

Selain bisa membuantu keuangan, pekerjaan sampingan menyerupai ini juga bisa menjadi penghasilan alternatif ketika anda sudah tidak bisa bekerja lagi. 

10. Kurangi Naik Kendaraan Bermotor
Ada baiknya bila anda menghemat biaya transportasi dengan tidak memakai kendaraan bermotor atau dengan kata lain berjalan kaki sata menuju ke daerah yang dekat. Selain mengurangi polusi dan biaya, berjalan kaki juga bisa membuuat kita lebih sehat.

Dengan semakin pesatnya teknologi ketika ini, acara insan yang mmbutuhkan banyak gerakan menjadi berkurang, kesannya badan menjadi rentan terjangkit penakit berbahaya dan mengakibatkan obesitas. Oleh sebab itu biasakanlah hidup sehat dengan berolahraga dan mengganti kendaraan bermotor dengan berjalan kaki.

11. Kurangi Makan Diluar
Makan diluar akan menciptakan biaya hidup seakin tinggi sebab harganya yang rata-rata mahal. Selain itu masakan di luar tidak sehat, terkotori banyak penyakit dan bakteri, apalagi masakan cepat saji, akan mempunyai materi pengawet yang membahayakan kesehatan. Ini akan berdampak jelek pada Anda di kemudian hari ketika anda harus membayar biaya perawatan rumah sakit.

Sebaiknya buatlah masakan sendiri yag diproses dengan materi alami dan lebih sehat. Selain itu harganya akan jauh lebih murah dibandingkan membeli dari luar. Agar tidak bosan anda sekali-sekali bisa menggandakan masakan dari luar yang enak, meskipun butuh biaya materi yanglebih mahal.

12. Gunakan Diskon atau Promo Saat Membeli
Diskon atau promo akan sangat membantu bagi siapa saja dalam memenuhi kebutuhan. Saat barang didiskon Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak, namun dalam batas wajar. Sedangkan barang promo biasanya terjadi pada bulan awatu waktu tertentu yang terbatas, jadi anda harus pandai-pandai mencari isu dan mengupdate isu harian seputar barang yang akan anda beli. 

13. Lunasi Tagihan Tepat Waktu
Tagihan biasanya mempunyai baas tertentu untuk dilunasi yang mana bila melebihi batas tersebut akan dikenakan denda. Jika anda memang telah bisa membayar tagihan, maka segera lunasi taghan tersebut, jangan ditunda-tunda sebab hanya akan merugikan anda nantinya. Tagihan yang sering kita temui ada bermacam-macam, menyerupai tagihan listrik, tagihan pajak, tagihan angsuran motor, tagihan angsuran rumah dll.

14. Utamakan Kebutuhan Dulu Sebelum Keinginan
Terkadang kita kesulitan membedakan mana yang termasuk kebutuhahan dan mana yang termasuk keinginan. Kedua hal ini bekerjsama mempunyai perbedaan yang mencolok, namun sebab kita mempunyai cita-cita berpengaruh maka terkadang kita mendahuukan sesuatau yang kita inginkan ketimbang sesuatu yang kita butuhkan.

Perbedaan dari kedua hal ini yaitu kebutuhan juka tidak terpenuhi maka akan mengancam keberlangsungan hidup Anda, menyerupai makan, minum, daerah tinggal, dll. Sedangkan cita-cita yaitu apapun yang anda inginkan atas dasar suka dan tertarik menyerupai ingin membeli pakaian yang bagus, membeli smartphone terbaru, membeli sepatu bola, dll.

Sudah seharusnya kita mendahulukan kebutuhan yang bila tidak terpenuhi akan mengancam kehidupan kita.

15. Buat Target Keuangan Jangka Panjang
Setiap orang biasanya mempunyai tujuan dan sasaran utnuk kehidupan di masa depan nanti. Tujuan ini sebaiknya mulai dirumuskan semenjak dini dan dicamkan baik-baik dalam hati kiat semoga bisa terwujud di masa depan nanti.

Target ini antara lain dalam 10 tahun kedepan saya harus sudah mempunyai pekerjaan tetap dan rumah sendiri, kemudian seputuh tahun berikutnya mendirikan perjuangan dan melaksanakan banyak investasi, 10 tahun berikutnya lagi saya harus sudah mempunyai mobil. Semua itu sebaiknya direncanakan dan ditarget mulai dari sekarang.

Cari Asuransi: ASURANSI KEBAKARAN

2.1 Polis Asuransi KebakaranPolis asuransi kebakaran selain harus memenuhi syarat-syarat umum Pasal 256 KUHD, juga harus rnenyebutkan syarat-syarat khusus yang hanya berlaku bagi asuransi kebakaran seperti di dalam Pasal 287 KUHD, Untuk mengetahui semua syarat umum...

Cari Asuransi: REASURANSI

A. Pengertian Reasuransi dan Prinsip-prinsip dalam Hubungan Antara Penanggung dan Penanggung Ulang Dalam Perjanjian ReasuransiBila dalam asuransi telah didapatkan suatu definisi sebagaimana yang termaksud dalam Kitab Undang-undang Hukum Dagang dan Kepailitan pasal 246...

Cari Asuransi: Asuransi Jiwa

2.1 Pengertian Asuransi Jiwa1. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992Dalam Undang Nomor 2 Tahun 1992, dirumuskan definisi asuransi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan rumusan yang terdapat dalam Pasal 246 KUHD. Menurut ketentuan Pasal 1 angka (1) Undang-undang Nomor...

Kajian Rencana Bisnis – @Cari Asuransi

    Menemukan ide bisnis tanpa mewujudkannya dalam tindakan nyata rasanya sia-sia. Para entrepreneur sukses, seringkali tidak pernah memikirkan tahapan-tahapan dalam merealisasikan ide. Bahkan banyak pula anggapan bahwa kalau mau berbisnis tidak usah membuat rencana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.