Benarkah Usaha Depot Air Menguntungkan?



Cara-untung.com- saat ini usaha depot air minum bukan hanya berkembang di kota-kota besar saja.Kesadaran masyarakat akan air minum bersih membuat sebuah peluang bagi pengusaha di daerah pedesaan.Dengan masih sangat dibutuhkan air bersih maka anda dapat mengandalkan usaha ini untuk membuka sebuah peluang bisnis.Usaha ini dapat anda kerjakan sendiri atau menggunakan beberapa karyawan.Sebaiknya anda menggunakan beberapa karyawan agar efektif dan dapat melayani pelanggan dengan baik.
Sebeluma anda memulai usaha ini sebaiknya harus memperhatikan beberapa hal.Cara-untung.comakan memberikan tips sebelum anda membuka dan menjalankan usaha ini.
1.Lihat Usaha Sejenis Di Lokasi Anda
Dimanapun anda tinggal dan ingin memulai usaha ini,coba anda lihat apakah usaha depot air minum sudah ada dilokasi anda.Coba anda lihat apakah dilokasi anda ini masyarakatnya banyak mengkonsumsi air dalam gallon,atau hanya seperti pada umumnya masih terbiasa dengan merebus air.Jadi kesimpulannya semakin banyak di daerah anda yang membuka usaha depot air dapat kita identifikasikan bahwa di daerah tersebut sudah banyak masyarakat yang mengkonsumsi air dalam gallon.Anda tidak perlu khawatir jika banyak yang buka usaha tersebut,yang perlu anda khawatirkan justru jika tidak ada yang membuka usaha depot air di lokasi tersebut.
2.Pelajari Dengan Detail competitor
Coba anda lakukan riset di beberapa usaha depot yang ada disekitar anda,seperti harganya,omset nya perhari,kualitas (uv/Ro),kendaraan pengiriman,bonusnya,promosinya,dan kalau bisa anda tanyakan pada masyrakat sekitar mengapa memilih yang ini kok tidak yang itu? Dengan mengumpulkan beberapa data yang lengkap,maka akan memudahkan and untuk menyusun strategi penjualan dan pemasaran.
Biasanya di kebanyakan orang yang membuka usaha depot hanya ikut-ikutan saja Tanpa menerapkan beberapa strategi yang dianggap penting demi kemajuan usahanya.Anda sebaiknya memikirkan hal tersebut agar tahu tujuan dan bagaimana cara membuka usaha depot yang baik dan benar.
3.Pelajari pemasarannya
Amati depot-depot yang ada disekitar anda,mengapa bisa ramai? Mengapa bisa digemari masyarakat? Layanan apa yang dia berikan? Kelebihan apa yang mereka berikan? Seperti yang saya katakana sebelumnya anda harus mempelajari pemasaran yang ada pada lokasi anda.
4.Strategi
Anda perlu menyiapkan energy ekstra untuk berpikir keras dan putar otak untuk masalah strategi.Anda bukan seperti main judi yang hanya mengandalkan hoki dan aji mumpung dalam membuka usaha depot ini.Jangan menunggu orang datang kedepot anda untuk membeli,anda tidak tahu kapan mereka datang untuk membeli.datangi konsumen dan tawarkan jasa antar jemput untuk menarik konsumen agar menjadi langganan.Banyak strategi lain yang bisa anda terapkan,untuk itu anda harus mengerjakan strategi yang benar agar anda mendapatkan potensi keuntungan yang anda impikan.
5.Waktu untuk focus
Seperti tanaman yang harus dipupuk dan disirami untuk dapat tumbuh kembang,seperti itu pula yang anda lakukan pada usaha anda.Anda tidak hanya saja membeli depot dan anda biarkan tumbuh begitu saja.Jadi anda bisa menyiapkan waktu minimal 3 bulan untuk focus dalam menangani dan mempelajari depot anda.Anda bisa juga merekrut orang apabila tidak punya waktu.
6.Keyakinan
Jangan sekali-kali anda ragu,Kalau anda ragu akan sia-sia segala pengorbanan yang anda kerjakan.Jika anda ragu pasti dijamin gagal,karena usaha depot air buka semudah seperti membuka usaha bakso atau konter pulsa.Untuk itu anda harus yakin,Karena bukan tugas cara-untung.com untuk meyakinkan anda,Heheheeee…
7.kelebihan dan kekurangan
Lihat kekurangan dan kelebihan depot anda.Perbaiki kekurangan anda dan maksimalkan kelebihan depot anda untuk merajai tingkat persaingan.Usahakan anda dapat menajaring banyak pelanggan dalam waktu yang singkat.Kalau depot anda sama saja seperti depot para competitor,Bagaimana bisa anda merebut pasar yang sudah ada dan bagaimana anda dapat lama bertahan dalam keterpurukan itu,yang sudah pasti komppetitor sudah jauh mempunyai jam terbang yang tinggi.Berikan beberapa inovasi menarik agar usaha depot anda lebih variatif.
8.Siapkan modal
Banyak perlatan depot yang disediakan dengan harga 10 juta dan ada juga 15 juta.Tetapi dengan kedua harga tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Jadi anda siapkan modal yang cukup untuk memulai usaha ini,banyak yang hanya mempunyai modal pas-pasan membuka usaha ini dan berharap mendapat kelengkapan alat yang ssetara dengan depot yang menjadi kompetitornya.
Bisa sih dengan modal segitu anda membuka depot,namun kwalitasnya kurang baik,sehingga dalam waktu sebentar saja kualitas air minum depot anda akan menurun drastic yang berimbas pada penurunan jumlah pelanggan.Jadi sediakan modal yang cukup untuk mendapatkan kualitas alat depot yang baik,jangan memaksakan budget yang sedikit untuk mendapatkan kelengkapan alat depot.
9.Pilih produk yang berkwalitas
Untuk usaha depot air bukanlah usaha musiman yang hanya dikerjakan waktu acara tutup tahun,lebaran ,kemarau atau apapun.Kebutuhan akan air sangat dibutuhkan selamanya.Seperti beras dan lain-lain.Jadi anda maximalkan kemmpuan anda untuk menyipakan sebagai peluang usaha depot air untuk jangka panjang.
10.Lihat harga dan kwalitasnya
Silahkan anda cek harga dan kwalitas air pada tiap-tiap supliyer.Untuk lebih detail bisa anda minta merek dan Negara asal pabrikan alat depot air yang anda beli.
11.Waspada
Telitilah sebelum anda membeli peralatan depot air,cek keberadaan supplier,baik kantor atau pun pribadi.Karena pasti ada oknum yang bermain di dunia ini,jadi hati-hatilah.
12.Pengalaman supliyer
Anda tanyaakan kepada supliyer apakah sebelumnya atau sedang menjalankan usaha depot air.Kalau tidak ada pengalamannya bagaimana anda mendapatkan informasi mengenai kewalitas dan kelebihan masing-masing merk peralatan depot air.Karena banyak supliyer yang hanya menjual sparepart tanpa mengetahui kwalitas barang tersebut.
13.Pelanggan adalah raja
Jangan pernah anda berdebat dengan pelanggan,karena ini akan mencitrakan kesan yang jelek.Buatlah pelanggan seperti raja,berikan layanan sepenuh hati niscaya akan memberikan dampak yang baik dalam keberlangsungan usaha anda.
Itulah tips yang perlu anda ketahui sebelum membuka usaha depot air minum.Lalu berapa modal ideal yang dibutuhkan untuk usaha depot ini:
Paket ekonomis air minum isi ulang
Rp 21.000.000
Sewa tempat
Rp 10.000.000
Gaji pegawai
Rp      900.000
Biaya lainnya
Rp    1.000.000
                                                             total
Rp 33.000.000
Total biaya 33.000.000 ini hanya spekulatif,anda dapat menekan biayanya lebih murah jika bisa mengurangi cost sewa dan gaji pegawainya.
Apa saja yang saya dapat dari harga paket ekonomis 21.000.000,-? Anda akan mendapatkan:
·        Lemari Aluminium 3 Pintu ( 2 Pengisian & 1 Pencucian ) ukuran 2.30m x 2.10m
·        3 buah Tabung Stainless 8in dan isi ( 1 bh Sand Filter & 2 bh Carbon Filter )
·        6 buah Housing
·        6 buah Catridge
·        1 buah Selenoid Valve
·        1 buah Nozzle
·        2 buah Kran Stainless
·        1 buah Avur Jumbo
·        2 buah Sellery
·        1 buah Lampu Ultra Violet Set Digital
·        6 buah Lampu Blue T5
·        1 buah Pompa Water Stainless FWP 41 SS
·        Seperangkat Kabel, 5 Steker, 3 Saklar, dan alat kelistrikan lainnya.
·        Seperangkat Pipa, Balvave, SDD,SDL, T, dan Alat Saluran Air Lainnya.
·        2 buah Tangki Water Fiberglass 3300 Liter
·         Instalasi Pemimpaan & Kelistrikan.
Usahakan anda cari agen air minum isi ulang yang dapat memberikan surat keterangan izin kesehatan dari kementrian kesehatan setempat.Izin yang dimaksud adalah menyatakan bahwa air yang anda jual bersih dan sehat  serta telah diuji di lab kementrian setempat.

Jangan sekali-kali anda tergiur dengan agen yang menawarkan modal usaha depot air yang murah namun tidak memperhatikan segi kesehatan air yang di sajikan.

Cari Asuransi: ASURANSI KEBAKARAN

2.1 Polis Asuransi KebakaranPolis asuransi kebakaran selain harus memenuhi syarat-syarat umum Pasal 256 KUHD, juga harus rnenyebutkan syarat-syarat khusus yang hanya berlaku bagi asuransi kebakaran seperti di dalam Pasal 287 KUHD, Untuk mengetahui semua syarat umum...

Cari Asuransi: REASURANSI

A. Pengertian Reasuransi dan Prinsip-prinsip dalam Hubungan Antara Penanggung dan Penanggung Ulang Dalam Perjanjian ReasuransiBila dalam asuransi telah didapatkan suatu definisi sebagaimana yang termaksud dalam Kitab Undang-undang Hukum Dagang dan Kepailitan pasal 246...

Cari Asuransi: Asuransi Jiwa

2.1 Pengertian Asuransi Jiwa1. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992Dalam Undang Nomor 2 Tahun 1992, dirumuskan definisi asuransi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan rumusan yang terdapat dalam Pasal 246 KUHD. Menurut ketentuan Pasal 1 angka (1) Undang-undang Nomor...

Kajian Rencana Bisnis – @Cari Asuransi

    Menemukan ide bisnis tanpa mewujudkannya dalam tindakan nyata rasanya sia-sia. Para entrepreneur sukses, seringkali tidak pernah memikirkan tahapan-tahapan dalam merealisasikan ide. Bahkan banyak pula anggapan bahwa kalau mau berbisnis tidak usah membuat rencana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.