Chubb Akuisisi Cigna Senilai USD 5,75 Miliar ~ Akademi Asuransi

Chubb Limited umumkan kesepakatan untuk mengakuisisi perusahaan asuransi life dan non-life Cigna Corporation di tujuh negara, termasuk Indonesia. Nilai transaksi dari akuisisi bisnis asuransi kecelakaan diri dan kesehatan, serta asuransi jiwa itu mencapai US$ 5,75 miliar.

Chairman & Chief Executive Officer Chubb Evan G Greenberg menyampaikan, penambahan bisnis Cigna yang sebagian besar adalah asuransi kecelakaan diri dan kesehatan, akan semakin menyeimbangkan portofolio secara global di sejumlah kawasan penting tersebut.

“Kami telah lama mengagumi dan menghormati bisnis Cigna di Asia termasuk orang-orangnya yang berbakat, produk inovatif, kemampuan teknis dan analitis, serta distribusi dan manajemen. Kami mengenal bisnis ini dengan baik karena kami telah memiliki operasi yang cukup besar di regional dan global. Bisnis ini menghasilkan pendapatan yang sangat stabil dan berkualitas tinggi,” kata Evan lewat keteranganya dikutip dari laman resmi Chubb, akhir pekan lalu.

Operasi yang akan diakuisisi termasuk bisnis asuransi kecelakaan diri dan kesehatan (accident & heath/A&H) dan asuransi jiwa Cigna di Korea, Taiwan, Selandia Baru, Thailand, Hong Kong dan Indonesia, termasuk juga usaha patungan di Turki. Operasi di wilayah tersebut setidaknya menghasilkan sekitar US$ 3 miliar premi bersih yang dicatatkan pada tahun 2020.

Evan mengatakan, peluang digital di seluruh kawasan ini besar dan belum dimanfaatkan. Termasuk untuk produk asuransi kecelakaan diri dan kesehatan, asuransi properti dan aneka (property and casualty/P&C), dan produk asuransi jiwa sederhana.

“Kami melihat masa depan. Secara luas di seluruh wilayah , Chubb akan lebih mampu memanfaatkan peluang pasar dan produk dengan merek yang kuat, keterampilan direct marketing yang saling melengkapi, dan cross selling produk non asuransi jiwa bagi kehidupan pelanggan,” tambah dia.

Transaksi tersebut bakal melengkapi strategi Chubb untuk memperluas kehadirannya di kawasan Asia-Pasifik, area pertumbuhan jangka panjang bagi perusahaan. Selain itu, turut menambah bisnis asuransi kecelakaan diri dan kesehatan yang sudah cukup besar, sambil memperluas bisnis asuransi jiwa perusahaan yang berbasis di Asia.

Adapun setelah transaksi selesai, bagian Asia-Pasifik dari portofolio premi Chubb global akan meningkat dari sekitar US$ 4 miliar menjadi US$ 7 miliar dan mewakili sekitar 20% perusahaan (tidak termasuk China). Lebih dari 80% premi dari bisnis yang akan diakuisisi berasal dari produk asuransi kecelakaan diri dan asuransi kesehatan tambahan.

Akuisisi bisnis itu dinilai semakin mengukuhkan kepemimpinan Chubb dalam segmen asuransi tambahan tersebut secara global, dengan premi tumbuh dari US$ 3,7 miliar menjadi $ 6,1 miliar. Bersama-sama, bisnis asuransi kecelakaan diri dan asuransi kesehatan, serta asuransi jiwa akan mencakup 21% dari pendapatan premi perusahaan secara keseluruhan dibandingkan saat ini sebesar 14%.

Sementara itu, President & Chief Executive Officer Cigna Corporation David M Cordani mengungkapkan, kesepakatan dengan Chubb adalah langkah maju lain dalam memajukan fokus strategis pada portofolio layanan kesehatan global. “Kami bangga atas keberhasilan dalam membangun bisnis asuransi kecelakaan, asuransi tambahan, dan manfaat bisnis asuransi jiwa di Asia Pasifik serta meningkatkan kesejahteraan dan rasa aman pelanggan kami di seluruh kawasan,” imbuh dia.

Dikutip dari investor.id

Cari Asuransi: ASURANSI KEBAKARAN

2.1 Polis Asuransi KebakaranPolis asuransi kebakaran selain harus memenuhi syarat-syarat umum Pasal 256 KUHD, juga harus rnenyebutkan syarat-syarat khusus yang hanya berlaku bagi asuransi kebakaran seperti di dalam Pasal 287 KUHD, Untuk mengetahui semua syarat umum...

Cari Asuransi: REASURANSI

A. Pengertian Reasuransi dan Prinsip-prinsip dalam Hubungan Antara Penanggung dan Penanggung Ulang Dalam Perjanjian ReasuransiBila dalam asuransi telah didapatkan suatu definisi sebagaimana yang termaksud dalam Kitab Undang-undang Hukum Dagang dan Kepailitan pasal 246...

Cari Asuransi: Asuransi Jiwa

2.1 Pengertian Asuransi Jiwa1. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992Dalam Undang Nomor 2 Tahun 1992, dirumuskan definisi asuransi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan rumusan yang terdapat dalam Pasal 246 KUHD. Menurut ketentuan Pasal 1 angka (1) Undang-undang Nomor...

Kajian Rencana Bisnis – @Cari Asuransi

    Menemukan ide bisnis tanpa mewujudkannya dalam tindakan nyata rasanya sia-sia. Para entrepreneur sukses, seringkali tidak pernah memikirkan tahapan-tahapan dalam merealisasikan ide. Bahkan banyak pula anggapan bahwa kalau mau berbisnis tidak usah membuat rencana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.