Dengan Modal Relatif Kecil Bisa Membuka Usaha Sablon Pakaian Part II

Selain gampang dilakukan, bisnis sablon modalnya relatif kecil, pengelolaan tidak rumit, dan risikonya pun sangat rendah. Keuntungan yang dapat diperoleh dari usaha sablon cukup lumayan, sekitar 10% sampai 50% dari biaya keseluruhan. Pada waktu-waktu tertentu, seperti pemilu dan pilkada, omzet dapat bertambah beberapa kali lipatnya. Konsumen usaha sablon, di antaranya perusahaan, individu, atau kepanitiaan sebuah acara.

A. Memulai Bisnis 

1. Pengetahuan dan Keterampilan

Keterampilan menyablon akan memengaruhi bisnis karena Anda tidak bisa hanya mengandalkan karyawan. Keterampilan dalam menentukan warna, jumlah warna, ukuran, dan tingkat kesulitan akan memengaruhi besar ongkos produksi dan berimbas pula pada harga yang diberikan kepada konsumen.

2. Modal 

– Bisnis ini bisa dimulai dengan modal kecil. Namun, semakin besar modal akan semakin baik. Modal uang digunakan untuk membeli peralatan sablon.

– Lokasi. Usaha ini sebenarnya tidak memerlukan lokasi strategis, apalagi jika Anda bisa memasarkannya dengan pola promosi tertentu. Bahkan, banyak usaha sablon berada di gang-gang sempit. Namun, jika modal Anda cukup besar, tak ada salahnya memilih tempat yang strategis, misalnya di tempat yang banyak dilalui orang. Peralatan. Peralatan yang bisa digunakan sangat bervariasi. Anda bisa menggunakan teknologi modern atau hanya memakai printer warna. Modal untuk membeli bahan baku juga perlu Anda miliki karena biasanya konsumen membayar setelah pesanannya jadi. Jika Anda kesulitan mendapatkan modal awal, tidak ada salahnya bernegosiasi untuk mendapatkan bahan kaus di awal dan membayarnya belakangan.

B. Hambatan Bisnis 

Hambatan yang mungkin terjadi ketika menjalankan bisnis ini di antaranya sebagai berikut.

– Adanya pesaing yang memiliki peralatan yang lebih canggih. 

– Pembayaran yang sering terlambat dari para konsumen.

C. Strategi Pasar 

– Buat spanduk dengan desain unik dan bagus, disertai nama dan alamat usaha sablon Anda. 

– Sebarkan ke berbagai tempat strategis. 

– Lakukan penawaran langsung ke perusahaan-perusahaan. 

– Miliki kekhasan, misalnya dalam hal desain. 

– Promosikan usaha sablon Anda ke komunitas-komunitas remaja yang gandrung menggunakan baju seragam. 

– Dekati juga anak sekolah dan mahasiswa yang ingio membuat kaus sablon khas angkatan.

Jika Anda ingin membuat sablon dalam jumlah besar, tak ada salahnya berpromosi ke partai-partai politik atau calon kepala daerah untuk membuat kaus kampanye.

D. Analisis Bisnis 

Modal Awal:

Peralatan:

Komputer Rp 3.000.000,00

Printer Rp 700.000,00

Screen dan alat sablon Rp 500,000,00

Jumlah Rp 4.200.000,00

Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 4.200.000,00 – Rp 1.000,00) / 4 = Rp 1.049.750,00 per tahun atau sama dengan Rp 87.479,00 per bulan.

Perlengkapan:

Spanduk Rp 100.000,00

Brosur Rp 100.000,00

Alat tulis Rp 50.000,00

Perhitungan Laba/(Rugi) per Bulan

Pendapatan 

(500 potong baju X Rp 7.000,00) Rp 3.500.000,00 

Biaya-biaya:

Cat sablon Rp 800.000,00 

Perlengkapan Rp 250.000,00 

Lain-lain Rp 100.000,00

Jumlah Biaya Rp 2.287.479,00 

Laba bersih Rp. 1.212.521,00

Catatan: Analisa harga peralatan, perlengkapan, dan biaya-biaya lain wirausaha ataupun bisnis bisa berubah kapan saja seiring waktu, silahkan sesuaikan dengan analisa harga dan biaya-biaya lain di daerah anda.

Wirausahainfo.blogspot.com

 Motivasi dan inspirasi…

Kingsoft Office Suite Free 2013

Kingsoft Office Suite Free 2013 "Ucapan Terimakasih, selalu saya ucapkan dalam hati, karena kawan telah membaca artikel Kingsoft Office Suite Free 2013. :)" (Click to Zoom) Office suite atau Paket aplikasi Perkantoran merupakan sebuah Paket perangkat lunak yang...

Macam – Macam Windows 7 Edition dan Keterbatasan Masing – Masing

Windows 7 Edition Windows 7, Rilis utama dari Microsoft Windows, Yang tersedia dalam 6 Edisi yang berbeda (Starter , Home Basic , Home Premium, Professional, Enterprise dan Ultimate). Hanya Home Premium, Professional, dan Ultimate yang banyak tersedia di pengecer....

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer atau Hardware Beserta Fungsinya

Macam - Macam Perangkat Keras Komputer/Hardware Perangkat Keras Komputer/Hardware adalah komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC). Pertama, saya akan sebutkan dan menjelaskan fungsi dari Perangkat keras dalam sebuah...

Software Utilities Terbaik 2014 – Carbon Blog

10 Software Utilities Terbaik 2014 Software utilitas adalah Perangkat lunak sistem yang dirancang untuk membantu menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan atau mempertahankan komputer. Software utilitas biasanya berfokus pada bagaimana infrastruktur komputer...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *