Faktor Faktor Penghambat Kreativitas | Ekonomi

a. Kebiasaan yang Sering Dilakukan

Kebiasaan merupakan reaksi dan respons yang dipelajari untuk bertindak otomatis tanpa berpikir terlebih dahulu. Biasanya, sulit mengubah suatu kebiasaan, apakah kebiasaan itu baik atau buruk. Kebiasaan yang sering dilakukan dapat menjadi faktor pendorong atau penghambat dalam kreativitas.

b. Waktu

Kesibukan merupakan salah satu alasan seseorang menjadi tidak kreatif. Namun di lain pihak, ada orang yang mampu memanfaatkan waktu untuk menjadi lebih kreatif. Dengan demikian, pemanfaatan waktu yang tidak efektif dapat menjadi penghambat seseorang dalam melakukan kreativitas.

c. Banyaknya Masalah

Sebagian dari kita merasa, setiap orang berhadapan dengan begitu banyak masalah yang penting. Akibatnya, seseorang tidak memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mengatasi beberapa masalah yang timbul.

Faktor Faktor Penghambat Kreativitas

d. Tidak Ada Masalah

Manusia merupakan makhluk pemecah masalah. Dalam hidupnya, manusia akan menghadapi dan memecahkan sejumlah masalah. Jika masalah dapat dipecahkan secara otomatis, orang tidak akan pernah mengenal masalah tersebut. Selain itu, sebagian orang merasa bahwa seseorang tidak akan pernah memiliki masalah. Hal inilah yang menghambat seseorang menjadi tidak kreatif.

e. Takut terhadap Kegagalan

Kegagalan dapat berbentuk pengasingan, kritik, kehilangan waktu, kehilangan pendapatan, atau kecelakaan. Risiko kegagalan dalam menemukan ide-ide kreatif adalah sesuatu yang wajar. Ketakutan seseorang dalam menghadapi kegagalan akan membuat ia menjadi tidak kreatif.

f. Kebutuhan akan Sebuah Jawaban Sekarang

Setiap manusia tidak mau mengalami kesulitan karena pada umumnya, manusia tidak memiliki jawaban langsung terhadap kesulitan yang dihadapinya. Ketika suatu masalah dikemukakan, orang secara langsung memberikan sebuah pemecahan. Namun, jika pemecahan pertama tidak berjalan, barulah mencoba cara yang lain.

g. Kritik Orang Lain

Secara tidak sengaja, kreativitas sering terhambat oleh kritikan orang lain. Jika suatu gagasan baru diperkenalkan, kebanyakan gagasan tersebut sering dipatahkan dan mendapat kritikan dari orang lain. Pada saat-saat tertentu, kritikan penting untuk membantu agar tetap berpijak pada kenyataan. Oleh karena itu, seharusnya kritikkritik tersebut dapat menjadi pendorong bagi perbaikan kreativitas.

Kingsoft Office Suite Free 2013

Kingsoft Office Suite Free 2013 "Ucapan Terimakasih, selalu saya ucapkan dalam hati, karena kawan telah membaca artikel Kingsoft Office Suite Free 2013. :)" (Click to Zoom) Office suite atau Paket aplikasi Perkantoran merupakan sebuah Paket perangkat lunak yang...

Macam – Macam Windows 7 Edition dan Keterbatasan Masing – Masing

Windows 7 Edition Windows 7, Rilis utama dari Microsoft Windows, Yang tersedia dalam 6 Edisi yang berbeda (Starter , Home Basic , Home Premium, Professional, Enterprise dan Ultimate). Hanya Home Premium, Professional, dan Ultimate yang banyak tersedia di pengecer....

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer atau Hardware Beserta Fungsinya

Macam - Macam Perangkat Keras Komputer/Hardware Perangkat Keras Komputer/Hardware adalah komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC). Pertama, saya akan sebutkan dan menjelaskan fungsi dari Perangkat keras dalam sebuah...

Software Utilities Terbaik 2014 – Carbon Blog

10 Software Utilities Terbaik 2014 Software utilitas adalah Perangkat lunak sistem yang dirancang untuk membantu menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan atau mempertahankan komputer. Software utilitas biasanya berfokus pada bagaimana infrastruktur komputer...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *