Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Jika Anda mempertimbangkan asuransi jiwa apa yang akan dibeli, anda perlu tahu beberapa jenis asuransi jiwa, bagaimana cara kerjanya, berapa biaya yang diperlukan dan jenis asuransi apa yang cocok untuk Anda. Keempat jenis yang sering ditemui yaitu, asuransi jiwa tetap, keseluruhan, universal, dan variabel.

Asuransi jiwa tetap

Asuransi jiwa tetap memperlihatkan manfaat janjkematian yang memperbaiki selama beberapa tahun –  biasanya 5, 10, 15, 20, 25, atau 30 – yang Anda pilih ketika membeli polis. Anda membayar premi untuk setiap tahun.

Jika Anda membeli premi asuransi yang umum, Anda akan membayar biaya dalam jumlah yang sama tiap tahunnya. Saat asuransi naik, Anda berhenti membayar premi tanpa lantaran maka Anda tidak akan mempunyai pertanggungan lagi.

Jika Anda meninggal kapanpun dalam waktu pertanggungan, keluarga Anda akan mendapatkan manfaatnya. Jika Anda mati ketika pertanggungan berakhir kaluarga tidak akan menerima apa-apa.

Asuransi jiwa umumnya paling murah diantara bermacam-macam jenis asuransi untuk pertanggungan yang Anda dapatkan dan merupakan asuransi yang paling gampang untuk dipahami. Karena alasan tersebut, asuransi ini menjadi jenis asuransi yang terbaik untuk kebanyakan orang.

Berbagai macam asuransi jiwa tetap sanggup dikonversikan menjadi permanen keseluruhan atau polis asuransi jiwa universal kapanpun Anda mau selama polis masih berjalan, tanpa harus meninjau ulang persyaratan medis.

Polis ini bisa tetapkan bahwa Anda hanya bisa mengubah polis pada umur tertentu menyerupai umur 70 tahun.

Asuransi Jiwa Keseluruhan
Asuransi jiwa keseluruhan memperlihatkan laba janjkematian tidak peduli seberapa bau tanah Anda, selama Anda tetap membayar premi polis. Karena itu, asuransi ini sering disebut asuransi jiwa permanen.

Selain itu untuk menyediakan manfaat kematian, asuransi jiwa keseluruhan juga mengumpulkan nilai kas yang dijamin akan meningkat dalam jumlah tertentu tiap tahunnya.

Hasilnya, premi asuransi jiwa keseluruhan secara signifikan lebih tinggi dibandingkan premi asuransi jiwa tetap untuk manfaat janjkematian yang sama.

Bagian dari premi untuk beberapa tahun pertama dari polis akan diberikan pada biaya manajemen dan komisi agen. Jumlah preminya sama tiap tahun, dan Anda bisa menentukan untuk membayar premi tiap tahun selama polis menghipnotis sejumlah aset dalam beberapa tahun.

Membayar premi sehabis berumur 10, 15, dan 20 tahun alih-alih memberi derma seumur hidup hal tersebut akan menciptakan premi tahunan lebih besar pada tahun tersebut, tapi bisa menjadi menarik pada sebagian orang yang ingin menghilangkan biaya premi asuransi jiwa yang sedang berlangsung sebelum masa pensiun.

Jenis lainnya disebut premi tunggal keseluruhan yang menciptakan Anda membayar semua premi lebih tinggi dari premi pelunasan.

Anda bisa memakai kas polis untuk alasan apapun, menyerupai membayar untuk biaya kuliah anak atau membayar biaya darurat. Sebagian dari hutang yang belum Anda lunasi ketika janjkematian akan berkurang berkat manfaat dari polis kematian.

Tapi nilai kas yang diakumulasikan untuk janjkematian Anda tidak ditambahkan pada manfaat polis kematian; kas ini akan dikembalikan pada peusahaan asuransi.

Alasan lainnya, asuransi jiwa keseluruhan membutuhkan biaya yang lebih banyak daripada asuransi jiwa tetap dikarenakan polis asuransi keseluruhan sering membayar dividen tahunan.

Dividen tersebut bisa dipakai untuk membantu membayar premi atau membeli lebih banyak polis, atau perusahaan asuransi sanggup dengan gampang memberi Anda dividen.

Karena asuransi keseluruhan sulit untuk dipahami dan harganya lebih mahal dibandingkan dengan pertanggungan yang disediakan, asuransi ini bukan pilihan terbaik untuk kebanyakan orang.

Itulah mengapa Anda akan sering mendengar kalimat, “belilah asuransi tetap dan investasikan selisihnya”. Menginvestasikan uang yang Anda tabung dengan membeli asuransi tetap alih-alih asuransi keseluruhan daripada memasukkannya pada kas dan membayar komisi biro akan menciptakan penggunaan uang lebih baik untuk kebanyakan orang.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, asuransi keseluruhan lebih gampang dari asuransi universal dari universal dan variabel.

Asuransi jiwa universal
Asuransi jiwa universal merupakan salah satu jenis asuransi jiwa permanen. Asuransi ini sama dengan asuransi keseluruhan dalam banyak sekali hal, tapi memperlihatkan kebebasan yang lebih banyak. Anda bisa meningkatkan atau menurunkan manfaat janjkematian dan kas sehabis Anda mengambil polis.

Karena itu preminya akan naik atau turun. Meningkatkan manfaat janjkematian mengharuskan Anda untuk lulus investigasi medis; mengurangi manfaat janjkematian bisa menjadikan Anda dikenai tagihan.

Kas mendapatkan bunga dari investasi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi. Asuransi jenis ini juga memperlihatkan kebebasan waktu pembayaran premi.

Asuransi jiwa universal lebih rumit dari asuransi jiwa keseluruhan dan juga lebih mahal. Selain itu, polis ini bisa kekurangan dana dari waktu ke waktu lantaran pendapatan bunga dari kas tidak selalu cukup untuk untuk menanggungnya dan kadang kala harga premi akan meningkat dengan cepat.

Jika polis kekurangan dana, Anda harus membayar premi lebih banyak untuk menjaganya tetap berjalan. Jika tidak, polis akan hilang. Asuransi jiwa universal juga mempunyai biaya manajemen dan manajemen yang mahal yang dibebankan pada premi.

Karena kerumitan dan biayanya, asuransi jiwa universal tidak direkomendasikan untuk kebanyakan pelanggan. Meskipun begitu, menyerupai asuransi jiwa permanen lainnya, kemampuan untuk untuk mengambil kas polis dengan bunga rendah dan tanpa kredit cek merupakan fitur yang menarik untuk sebagian pelanggan.

Asuransi jiwa universal terjamin 
Asuransi jiwa universal terjamin memperlihatkan pertanggungan hingga berumur 90, 95 bahkan hingga Anda meninggal, tapi asuransi ini sedikit lebih mahal daripada asuransi jiwa keseluruhan.

Asuransi ini tidak mempunyai nilai kas atau komponen investasi, atau biaya pengelolaan yang meyertainya, dan premi bisa dibayarkan pada beberapa tingkatan, untuk seumur hidup atau jangka pendek, menyerupai dengan asuransi jiwa keseluruhan.

Tidak menyerupai asuransi jiwa keseluruhan, polis ini tidak berisiko terkena kekurangan dana dan membutuhkan suplemen premi untuk membuatnya tetap berlaku.

Jenis asuransi ini bisa menarik untuk para senior yang masih memutuhkan pertanggungan; asuransi ini bisa menjadi lebih murah dan memperlihatkan derma yang lebih baik daripada asuransi tetap.

Asuransi ini mempunyai manfaat jaminan janjkematian sesuai dengan jumlah yang Anda pilih ketika anda mengambil polis. Sebagian polis asuransi universal terjamin berisiko hilang jikalau pemegang polis lupa membayar premi; polis lainnya tidak hilang dan tidak mempunyai risiko ini.

Asuransi ini cukup gampang dan bisa menjadi alternatif yang manis pada asuransi jiwa tetap untuk orang yang ingin pertanggungan permanen.

Asuransi jiwa variabel
Asuransi jiwa variabel merupakan jenis asuransi jiwa permanen yang mempunyai komponen kas, menyerupai asuransi keseluruhan dan universal. Asuransi ini mempunyai harga yang lebih mahal dari asuransi jiwa tetap.

Asuransi jiwa variabel mempunyai premi tetap dan jaminan manfaat janjkematian yang sedikit, tapi manfaat kematiannya bisa berubah seiring dengan berubahnya tingkat pengembalian kas, yang terdiri dari bermacam-macam jenis tergantung pada investasi yang dipilih pemegang polis dalam akun asuransi jiwa (disebut subakun).

Sebagian premi akan mengatakan kas polis/ komponen investasi, dan jumlanya sanggup berubah sesuai dengan investasi yang dipilih, menyerupai saham, obligasi dan reksa dana.

Jika investasi meningkat, pemegang polis bisa memakai peningkatan tersebut untuk membeli lebih banyak pertanggungan atau membayar premi polis.

Pemegang polis juga bisa meminjam kas. Jika investasi menurun, kas polis akan ikut turun, mengurangi kemampuan meminjam dan mengharuskan Anda untuk membayar premi yang lebih mahal. Setiap pinjaman yang diberikan ketika meninggal akan mengurangi manfaat kematian.

Asuransi jiwa variabel diatur oleh komisi pertukaran dan sekuritas lantaran komponen investasinya. Asuransi jiwa variabel ini rumit dan bukan pilihan yang baik untuk orang yang khawatir dengan pertanggungan manfaat janjkematian bagi orang yang dicintai.

Asuransi jiwa variabel universal
Asuransi jiwa variabel universal merupakan sebagian kecil dari semua asuransi jiwa yang dijual. Asuransi ini merupakan kombinasi asuransi jiwa variabel dan asuransi jiwa universal.

Seperti halnya asuransi jiwa variabel, asuransi ini menciptakan pemegang polis menginvestasikan kasnya dan dengan gampang mengubah jumlah pertanggungan asuransi yang dibeli. Polis asuransi ini, menyerupai asuransi jiwa variabel, diatur oleh SEC lantaran komponen investasinya.

Seperti halnya asuransi jiwa universal, Anda bisa mengatur premi asuransi jiwa variabel universal, memakai beberapa kas polis untuk membayar premi atau mengambil pinjaman.

Kebanyakan dari premi akan masuk ke komponen investasi, meskipun sebagian lainnya masuk ke pengelolaan dan biaya administrasi.

Asuransi jiwa variabel universal mempunyai manfaat janjkematian menurut bagaimana kinerja investasi polis dan juga mempunyai jaminan manfaat janjkematian yang rendah.

Anda bisa meningkatkan manfaat polis janjkematian jikalau Anda masih mempunyai kesehatan yang baik, dan Anda bisa juga mengurangi polis manfaat kematian, meskipun Anda akan membayar biaya penyerahan untuk melakukannya.

Kinerja invetasi polis juga berdampak pada kas. Jika kas Anda turun ke titik dimana tidak bisa menanggung biaya polis dan asuransi, Anda harus membayar premi tambahan, atau mengurangi jumlah polis jikalau tidak maka polis Anda akan hilang.

Anda bisa meminjam kas polis asuransji jiwa variabel universal, tapi semua pinjaman yang ada akan mengurangi polis manfaat kematian.

Asuransi jiwa universal sulit untuk dipahami dan hanya cocok untuk orang yang sudah berpengalaman ihwal asuransi dan investasi.

Polis jenis ini, serta asuransi jiwa variabel, bisa jadi menarik untuk orang kaya yang sudah banyak mempunyai bantuan pada akun pajak pensiun dan ingin tahu cara lain untuk investasi pajak.

Asuransi jiwa variabel universal bukanlah pilihan terbaik untuk konsumen yang masih khawatir dengan penyediaan manfaat janjkematian untuk keluarga mereka.

Asuransi jiwa sehabis pensiun
Anda mungkin tidak membutuhkan asuransi jiwa sehabis mencapai masa pensiun – asumsikan jikalau anak Anda, jikalau punya, sudah besar dan bisa menghidupi diri sendiri dan Anda mempunyai cukup tabungan dimana istri Anda tidak membutuhkan asuransi jiwa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehabis janjkematian Anda.

Selain itu, asuransi jiwa untuk senior, khususnya ketika meninggal di usia tua, bisa menjadi cukup mahal lantaran senior mempunyai kemungkinan untuk meninggal – dan perusahaan asuransi harus membayar manfaat janjkematian – yang demikian lebih tinggi biayanya daripada pemegang polis yang masih muda.

Namun, ada beberapa keadaan dimana itu lebih baik untuk melanjutkan membeli asuransi jiwa sehabis pensiun, ialah :

  • Anda tidak mempunyai cukup tabungan untuk membiayai pasangan Anda yang masih hidup
  • Anda mempunyai anak yang cacat atau sejenisnya yang mengandalkan Anda untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  • Anda membutuhkan cara supaya anak Anda mau membalas kebaikan Anda sehabis mengasuhnya dari uang tabungannya atau meluangkan waktunya dari bekerja
  • Anda kaya dan butuh manfaat pajak dan investasi lantaran Anda telah mengatakan tabungan pensiun kepada akun pajak.
  • Anda bisa dengan gampang membayar premi dan ingin menyediakan manfaat untuk saudara atau amal ketika Anda meninggal. 
  • Tanah Anda cukup besar untuk menjadi subjek pajak tanah ketika meninggal dan Anda ingin memakai asuransi jiwa untuk membantu mengurangi hutang atau mencegah barang dijual untuk membayar pajak tersebut.

Pada bab berikutnya kita akan membahas penunjukan peserta manfaat untuk polis asuransi jiwa, banyak sekali cara penyerahan polis manfaat janjkematian dan lain-lain.

Cari Asuransi: ASURANSI KEBAKARAN

2.1 Polis Asuransi KebakaranPolis asuransi kebakaran selain harus memenuhi syarat-syarat umum Pasal 256 KUHD, juga harus rnenyebutkan syarat-syarat khusus yang hanya berlaku bagi asuransi kebakaran seperti di dalam Pasal 287 KUHD, Untuk mengetahui semua syarat umum...

Cari Asuransi: REASURANSI

A. Pengertian Reasuransi dan Prinsip-prinsip dalam Hubungan Antara Penanggung dan Penanggung Ulang Dalam Perjanjian ReasuransiBila dalam asuransi telah didapatkan suatu definisi sebagaimana yang termaksud dalam Kitab Undang-undang Hukum Dagang dan Kepailitan pasal 246...

Cari Asuransi: Asuransi Jiwa

2.1 Pengertian Asuransi Jiwa1. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992Dalam Undang Nomor 2 Tahun 1992, dirumuskan definisi asuransi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan rumusan yang terdapat dalam Pasal 246 KUHD. Menurut ketentuan Pasal 1 angka (1) Undang-undang Nomor...

Kajian Rencana Bisnis – @Cari Asuransi

    Menemukan ide bisnis tanpa mewujudkannya dalam tindakan nyata rasanya sia-sia. Para entrepreneur sukses, seringkali tidak pernah memikirkan tahapan-tahapan dalam merealisasikan ide. Bahkan banyak pula anggapan bahwa kalau mau berbisnis tidak usah membuat rencana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.