Jenis Jenis Asuransi Pengangkutan

Salam Sobat Edmodo, kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis asuransi pengangkutan. Seperti yang kita tahu, kegiatan pengangkutan barang dalam jumlah besar maupun kecil, baik antar pulau maupun ke luar negeri, bisa menyimpan risiko kerugian finansial yang besar. Oleh karena itu, asuransi pengangkutan sangat penting untuk melindungi keuangan dan bisnis kita dari kemungkinan yang tak terduga.

Ketika barang-barang kita diangkut dari satu tempat ke tempat lain, selalu ada kemungkinan kerusakan, keterlambatan, dan kejahatan seperti pencurian atau perampokan. Meskipun Anda dapat merencanakan dan mengatur pengiriman barang dengan sangat hati-hati, ada beberapa penyebab yang tidak terduga yang dapat menyebabkan kerugian finansial yang besar.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa jenis asuransi yang tersedia untuk melindungi bisnis Anda dari kerugian finansial akibat pengiriman barang yang bermasalah.

Asuransi Pengangkutan Barang Laut

🌊Asuransi Pengangkutan Barang Laut melindungi pengangkutan barang di atas kapal. Biasanya, asuransi ini dikategorikan berdasarkan jenis barang yang diangkut dan jenis risiko yang akan terjadi selama pengangkutan.

1. Risiko Terkait dengan Kapal

Klausula FPA (Paint Particular Average)

🚢Klausula ini melindungi kapal dan barang-barangnya dari bahaya seperti tabrakan, kerusakan akibat badai atau ombak besar, kebakaran, ledakan, dan bencana lainnya. FPA hanya melindungi kerusakan yang signifikan pada kapal dan barang-barangnya, dan biasanya tidak melindungi kerusakan kecil atau kehilangan.

Klausula Total Loss Only

🔥Jika barang-barang Anda didalam kapal tenggelam, terbakar, atau hilang total selama pengiriman, maka Anda akan mendapatkan penggantian dari asuransi. Klausula Total Loss Only hanya melindungi Anda dari kehilangan total dan tidak melindungi Anda dari kerusakan parah yang tidak mengakibatkan hilangnya barang.

Klausula Free of Particular Average (FPA)

🌧️Klausula FPA memastikan bahwa Anda terlindungi dari risiko seperti topan, angin kencang, gelombang tinggi, dan sebagainya. Asuransi ini menyediakan perlindungan untuk kerusakan atas barang-barang Anda dan kapal akibat bencana alam dan keadaan cuaca yang buruk.

Klausula All Risks

🛡️Asuransi pengangkutan kapal All Risks adalah jenis asuransi yang paling lengkap untuk melindungi kepemilikan Anda. Asuransi ini melindungi Anda dari semua risiko selama pengiriman barang, termasuk kerusakan parah maupun kehilangan barang. Namun perlu diketahui, biaya premi asuransi jenis ini lebih tinggi dibandingkan jenis-jenis asuransi lainnya.

2. Risiko Terkait dengan Barang

Klausula Free from Particular Average (FPA)

🧳Klausula FPA melindungi barang-barang yang Anda kirimkan dari berbagai risiko selama pengiriman, termasuk kerusakan, kehilangan, kebakaran, pencurian, dan kerusakan akibat bencana alam seperti banjir atau gempa bumi. Biasanya asuransi ini melindungi barang Anda dari kerusakan parah dan tidak melindungi dari kerusakan kecil atau kehilangan.

Klausula Institute Cargo Clauses (ICC)

📜Asuransi pengangkutan barang ICC memastikan bahwa barang-barang yang Anda kirimkan terlindungi dari beberapa risiko seperti risiko terkait transportasi, kebakaran, bencana alam, pencurian, dan kerusakan yang disebabkan oleh buruknya penanganan atau pengemasan. Biasanya asuransi ini memiliki persyaratan tertentu seperti risiko yang diakibatkan oleh perlakuan buruk, kekurangan penanganan, atau cuaca buruk.

Asuransi Pengangkutan Barang Udara

✈️Asuransi Pengangkutan Barang Udara melindungi barang-barang Anda yang dikirim melalui pesawat udara. Biasanya jenis asuransi ini terdiri dari beberapa opsi perlindungan, sepertinya risiko kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman.

1. Risiko Terkait dengan Pesawat

Klausula All Risks

🛫Klausula All Risks untuk pengiriman melalui udara dilengkapi dengan jaminan perlindungan untuk risiko pemberhentian atau pembatalan penerbangan, risiko hilang, kerusakan atau keterlambatan.

2. Risiko Terkait dengan Barang

Klausula Limited Liability Insurance

💰Klausula ini biasanya ditawarkan oleh pihak maskapai penerbangan untuk menawarkan perlindungan atas kerusakan atau kehilangan barang. Namun, perlu diketahui bahwa jumlah perlindungan terbatas dan seringkali tidak mencukupi nilai sebenarnya dari barang yang dikirimkan.

Klausula All Risks Insurance

ğŸŽKlausula ini menawarkan perlindungan penuh atas semua jenis risiko selama pengiriman barang. Mulai dari risiko kehilangan, kerusakan, pencurian, atau bahkan kerusakan yang disebabkan oleh penyimpanan rahasia yang buruk. Namun, biaya premi asuransi ini sering kali lebih mahal daripada jenis asuransi lainnya.

Asuransi Pengangkutan Cargo Kereta Api

🚂Asuransi Pengangkutan Cargo Kereta Api melindungi dan memastikan keamanan pengiriman barang dengan kereta api. Asuransi ini melindungi dari berbagai risiko selama pengiriman barang menggunakan kereta api.

1. Risiko Terkait dengan Kereta Api

Force Majeure

🚧Klausula Force Majeure melindungi barang-barang Anda dari risiko kerusakan selama pengiriman akibat cuaca buruk, kerusakan pada rel kereta, dan risiko yang bisa terjadi akibat keadaan tertentu yang di luar kendali manusia seperti perang, terorisme dan sejenisnya.

Collision Liability

🛤️Klausula Collision Liability melindungi dari risiko kerusakan barang akibat kecelakaan yang terkadang bisa terjadi selama kereta melewati zona berpotensi bahaya.

2. Risiko Terkait dengan Barang

Free on Truck

🚚Klausula Free on Truck melindungi barang-barang Anda saat barang diangkut dari rel kereta ke truk pengangkut yang akan membawa barang hingga lokasi tujuan.

General Average Clause

📄Klausula ini berguna untuk melindungi dan membatasi kerugian pada pengiriman untuk barang yang barang lain harus mengalami kerugian.

Asuransi Pengangkutan Barang Darat

🚚Asuransi Pengangkutan Barang Darat melindungi barang-barang Anda yang diangkut melalui jalur darat. Dalam beberapa asuransi, risiko yang dicakup dapat bervariasi dari kerusakan, kehilangan barang, pencurian, dan kecelakaan lalu lintas.

1. Risiko Terkait dengan Kendaraan

All Risks Insurance

🛡️Asuransi ini berguna untuk memberikan perlindungan penuh atas seluruh risiko selama pengangkutan, meliputi kerusakan kendaraan, pencurian, kecelakaan dan sejenisnya.

Third Party Liability Insurance

🚨Klausula ini berguna untuk melindungi Anda terhadap risiko kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain selama pengiriman barang Anda.

2. Risiko Terkait dengan Barang

Total Loss Only

🔥Klausula ini dapat membantu Anda jika barang-barang yang Anda kirimkan mengalami kehilangan selama pengiriman. Klausula ini umumnya mengganti nilai barang dengan nilai yang sama saat dikirim.

With Average

📈Klausula ini melindungi barang-barang Anda dari kerusakan selama pengiriman. Klausula With Average sangat cocok untuk barang yang rentan terhadap kerusakan seperti barang pecah belah.

Jenis Asuransi Rincian
Asuransi Pengangkutan Barang Laut Perlindungan atas kerusakan atau kehilangan barang saat pengiriman menggunakan kapal atau kapal tongkang antar pulau
Asuransi Pengangkutan Barang Udara Perlindungan atas risiko kehilangan, kerusakan atau keterlambatan barang saat pengiriman menggunakan pesawat terbang
Asuransi Pengangkutan Cargo Kereta Api Perlindungan atas kerusakan atau kehilangan barang saat diangkut melalui jalur rel kereta api
Asuransi Pengangkutan Barang Darat Perlindungan atas risiko kerusakan, kehilangan, pencurian atau kecelakaan kendaraan saat pengangkutan barang melalui jalur darat

Frequently Asked Questions

1. Apakah harus membeli asuransi pengangkutan barang?

Iya, asuransi pengangkutan barang sangat penting karena segala sesuatu bisa terjadi selama pengiriman, bahkan jika sudah direncanakan dan diatur dengan hati-hati.

2. Apa itu asuransi jenis klausula FPA?

Klausula FPA melindungi barang-barang Anda dan kapal pada saat pengiriman terjadi kerusakan yang besar yang disebabkan oleh bahaya seperti topan, angin kencang, gelombang tinggi, dan sebagainya. FPA hanya melindungi kerusakan yang signifikan pada kapal dan barang-barangnya, dan tidak melindungi kerusakan kecil atau kehilangan.

3. Kenapa harus memilih asuransi pengangkutan barang laut?

Asuransi pengangkutan barang laut sangat penting untuk melindungi bisnis Anda dari kerugian finansial akibat pengiriman barang yang bermasalah. Baru-baru ini, banyak pengembang e-commerce yang bersiap-siap meluncurkan layanan pengiriman internasional.

4. Apa itu asuransi pengangkutan jenis All Risks?

Asuransi pengangkutan barang All Risks adalah jenis asuransi yang paling lengkap, melindungi dari semua jenis risiko selama pengiriman barang, termasuk kerusakan parah maupun kehilangan barang. Namun, biaya premi asuransi jenis ini lebih tinggi dibandingkan jenis-jenis asuransi lainnya.

5. Apakah premi asuransi pengangkutan barang relatif mahal?

Biaya premi asuransi pengangkutan barang tergantung pada jenis barang yang dikirimkan, risiko pengiriman, dan mode transportasi. Namun, dibandingkan dengan kerugian finansial yang dapat ditimbulkan oleh kerusakan atau kehilangan barang, premi asuransi ini sebanding dalam mengurangi kerugian.

6. Apa itu asuransi pengangkutan barang udara jenis Limited Liability?

Klausula Limited Liability Insurance adalah jenis asuransi yang menawarkan perlindungan atas kerusakan atau kehilangan barang. Namun, perlu diketahui bahwa jumlah perlindungan terbatas dan seringkali tidak mencukupi nilai sebenarnya dari barang yang dikirimkan.

7. Bagaimana cara membuat klaim asuransi jika barang terkena risiko selama pengiriman?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi perwakilan asuransi Anda dan memberikan rincian tentang kerusakan atau kehilangan barang. Anda juga harus melampirkan bukti-bukti seperti faktur dan dokumen lainnya. Setelah itu, akan dicari solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

8. Apa perbedaan antara jenis asuransi pengangkutan barang darat dan kereta api?

Meskipun keduanya melindungi barang selama pengiriman melalui jalur darat, namun klausula yang digunakan berbeda dalam hal risiko yang dicakup dan pembayaran klaim. Selain itu, asuransi pengangkutan barang kereta api lebih dikhususkan pada risiko terkait dengan pengiriman