Peluang Usaha Akhir Tahun Untung Besar

sumber image rizkamalia.blogspot.com


Banyaknya permintaan pesanan terompet dan pernak-pernik menjelang perayaan Natal serta Tahun Baru,Banyak  dimanfaatkan para pengrajin terompet musiman untuk mendulang rejeki saat momen-momen tersebut. Seperti di desa Jamblang kecamatan Jamblang blok tegalan, kabupaten Cirebon, yang sebagian besar warganya memilih beralih membuat terompet. Bahkan, daerah ini dikenal dengan sebutan “Kampung Terompet”.
 salah satu warga yang semua anggota keluarganya menggeluti pembuatan terompet pada waktu dan momen tertentu, seperti natal dan tahun baru. Dengan ke-7 anaknya, setiap hari Nariti bisa menghasilkan 5 kodi dengan masing-masing kodi berisi 20 buah terompet. “Mulai sibuk buatnya sih sudah dari 4 bulan yang lalu, biar dapet banyak dan bisa menuhin pesenan,” katanya saat ditemui  sedang melakukan aktifitas pembuatan terompet di kediamannya.
Dari 4 lembar potongan kertas dengan ukuran yang telah disesuaikan,lalu dilinting dan diberi lem untuk membentuk batang terompet. Setelah itu, batang terompet yang sudah jadi direndam air lem selama beberapa saat kemudian dijemur di bawah panas matahari. “Setelah kering dan dirasa lem sudah merekat, lalu selanjutnya batang terompet diberi variasi sesuai dengan bentuk dan jenis terompetnya,” kata Nariti sambil mempraktekan proses pembuatannya.
Nariti mengungkapkan, keahlian dalam membuat terompet dimiliki sejak remaja dan ilmu turun-temurun dari kedua orangtuanya yang juga pembuat terompet musiman. “Terhitung sudah sekitar 20 tahun lebih sudah buat terompet ini, tapi ya cuma pada musimnya aja. Kalo sehari-harinya sih buruh tani,” ungkap nenek 10 cucu ini. Lebih lanjut Nariti menuturkan, bahan-bahan untuk pembuatan terompetnya didapat dari seorang pengepul mainan tradisional di desanya. “Dari pengepul saya mengambil bahan mentahnya, lalu hasil terompet jadinya dikembalikan ke pengepul itu dan dapat upah sesuai ukuran dan jenis terompetnya. Atau kalau ingin dijual sendiri, bayarnya sehari setelah tahun baru,” tuturnya.
Karena sudah sangat lama bergelut dalam pembuatan terompet, kini Nariti sudah  memiliki pelanggan tetap dari yang tersebar di berbagai pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan Tegal. “Tergantung pesanan, paling banyak bisa dipesan sampai 20 kodi dengan harga 1 kodinya berkisar 70-80 ribu untuk ukuran kecil,” jelasnya.
Tidak  jauh berbeda dengan perayaan natal dan tahun baru kemarin, untuk tahun ini Nariti fokus dengan pembuatan terompet beraneka jenis,diantaranya jenis Naga, Tembakan dan Kartun yang banyak dicari anak-anak.”Modelnya ga jauh beda sama tahun kemarin, kayak naga dan model kartun yang biasanya diburu oleh anak-anak,” terangnya.
Dengan hanya bermodal 2 jutaan dari bahan-bahan yang diambil melalui si pengepul, Nariti bisa mendapat keuntungan yang lebih dari modal awal. “Lebih seringnya sih tukar barang aja sama pengepul. Kalau masarin sendiri cuma dari orderan aja, atau dijual perbuahnya berkisar 10-20 ribuan,” tuturnya.
Itulah peluang bisnis akhir tahun yang mempunyai potensi keuntungan yang besar,Jika anda tertarik untuk menjalaninya silahkan anda cari pengrajin terompet untuk mengambil barangnya.Ada sebagian pengrajin terompet yang mempunyai kesepakatan bahwa barang dibayar setelah moment-moment tahun baru habis.Biasanya tanggal 3 baru dibayar,jadi anda tidak khawatir terompet tidak laku.Istilahnya barang dulu baru uang.
Atau jika anda ingin belajar membuat terompet,C-U akan memberikan trik membuat terompet dengan mudah.Alat dan bahan yang dibutuhkan diantaranya:
1.     Bambu peluit
2.     Kertas karton
3.     Isolative bening
4.     Kertas 3D atau kertas kilat
5.     Pisau cutter
6.     Stepples dan isinya
7.     Lem takol atau lem kertas
Cara membuatnya:
·        Anda potong bamboo ukuran kecil sekitar 5-6 cm dengan ujung nya berbentuk lancip/serong.Setelah itu belah sedikit supaya dapat anda selipkan kertas kecil agar ketika ditiup akan berbunyi.Tetapi suaranya hanya melengking kecil karena tidak ada corongnya.
·        Setelah itu anda bentuk kertas karton menjadi seperti corong yang memiliki ukuran lebih besar di depannya.
·        Lalu anda padukan peluit dan corong,peluit anda letakan di belakang corong,atau di bentuk corong yang memiliki ukuran kecil.Lalu rekatkan dengan menggunakan isolative dengan benar.Coba anda tes tiup,jika tidak berbunyi maka pemasangannya ada yang salah atau kurang pas.
·        Setelah terompet berbunyi,hiasai terompet dengan kertas kilat atau kertas 3D agar terlihat keren dan cantik.

Itulah cara membuat terompet dengan sederhana,semoga bermamfaat dan menjadi inspirasi bagi anda yang sedang mencari peluang usaha di akhir tahun.Terima kasih.

Cari Asuransi: ASURANSI KEBAKARAN

2.1 Polis Asuransi KebakaranPolis asuransi kebakaran selain harus memenuhi syarat-syarat umum Pasal 256 KUHD, juga harus rnenyebutkan syarat-syarat khusus yang hanya berlaku bagi asuransi kebakaran seperti di dalam Pasal 287 KUHD, Untuk mengetahui semua syarat umum...

Cari Asuransi: REASURANSI

A. Pengertian Reasuransi dan Prinsip-prinsip dalam Hubungan Antara Penanggung dan Penanggung Ulang Dalam Perjanjian ReasuransiBila dalam asuransi telah didapatkan suatu definisi sebagaimana yang termaksud dalam Kitab Undang-undang Hukum Dagang dan Kepailitan pasal 246...

Cari Asuransi: Asuransi Jiwa

2.1 Pengertian Asuransi Jiwa1. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992Dalam Undang Nomor 2 Tahun 1992, dirumuskan definisi asuransi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan rumusan yang terdapat dalam Pasal 246 KUHD. Menurut ketentuan Pasal 1 angka (1) Undang-undang Nomor...

Kajian Rencana Bisnis – @Cari Asuransi

    Menemukan ide bisnis tanpa mewujudkannya dalam tindakan nyata rasanya sia-sia. Para entrepreneur sukses, seringkali tidak pernah memikirkan tahapan-tahapan dalam merealisasikan ide. Bahkan banyak pula anggapan bahwa kalau mau berbisnis tidak usah membuat rencana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.